RAKER di Wisma 142 TretesAgenda sekolah berupa Rapat Kerja (RAKER) Tahun 2016-2017, menjadi tonggak awal perubahan konsep dan metode pembelajaran KB-RA Insan Taqwa, yang mulai tahun ini akan mengacu pada metode Beyond Centers and Circles Time (BCCT). RAKER kali ini nuansanya beda dan spesial, seluruh penyelenggaraan RAKER difasilitasi dan ditanggung oleh Ibu Yayasan Pendidikan Islam Simorejo mulai dari transportasi, akomodasi dan penginapan. Acara diadakan diluar kota, pada hari libur nasional Jum’at-Sabtu 25-26 Maret 2016, bertempat di Villa Wisma 142 Tretes. Seluruh peserta yang terdiri dari para bunda diizinkan pula membawa anak-anaknya.

20160325_160833Hadir saat raker, Ketua YPIS, Bapak Haryanto dan didampingi oleh Ibu Haryanto serta bu Cholil. Sedangkan para bunda ada Bunda Halimah selaku kepala sekolah, Bunda Ulfa, Putri, Jia, Lia, Wanda, Fia, Nita, Diah dan Bunda Dian serta Ustad Achung, Konselor sekolah dan Ustad Budi Taqwa, Konseptor Sekolah. Yang berhalangan hadir Bunda Rose dan Bunda Silvi karena sedang Mbobot gede (mengandung) dan bunda Venny.

Rombongan berangkat dari sekolah selepas sholat jum’at, dan langsung meluncur dengan mobil pak Budi dan Bu Har sekitar pukul 13.30 WIB dan tiba di lokasi Villa Wisma 142 Jl. Bromo Tretes, sekitar pukul 15.00 WIB dan langsung rombongan masuk serta menempatkan tas dan perbekalan di kamar, kemudian menikmati teh sore dengan pohong keju dan kacang kapri. Selanjutnya para bunda dan putra-putrinya yang melihat areal villa begitu luas ada tennis courtnya langsung berhamburan merumput dihalaman dibawah rumah, menikmati indahnya gunung penanggungan, arjuno dan welirang serta bukit, lembah dan hamparan rumah dan jalan yang tampak kecil dari kejauhan, Subhanallah, sangat indah. Seluruh peserta bersyukur bisa menikmati ini semua. Turut menyertai rombongan pada kegiatan ini, para guru les dan siswa putra panti Bina Insan Taqwa, binaan Ustad Budi Taqwa.

Setelah sejenak menikmati luas dan indahnya pemandangan villa, rombongan diajak survey ke lokasi villa ke 2 di Trawas, yang bakal menjadi lokasi RAKER Tahun yang akan datang. Pak Haryanto dan Bu Har mengendarai Mobil Alphard Hitam membawa separuh bunda dan separuhnya lagi dengan Pak Yulis, Sopir Pak Haryanto dengan Mobil Izusu MUX. Meluncur melintasi Hotel New Start, lokasi Musyawarah Cabang Muhammadiyah Kecamatan Bubutan, dimana ustad Achung kali ini tidak penuh mengikuti RAKER karena harus turut mengikuti agenda Muscab yang 5 tahunan ini.

20160325_153518Tak lama rombongan tiba, divilla Trawas, ada Pak Udin yang juga jamaah masjid At-Taqwa Simorejo dan selanjutnya para bunda langsung berhamburan untuk mengabadikan diri dengan berselfi ria dihalaman yang serba rumput menghijau dan berpemandangan indah pula. Tampak anak-anak senang berlarian dan berkejaran bermain sepuasnya. Namun disini tidak lama karena hari sudah menjelang senja, dan rombongan harus kembali ke vila 142.

Sekembali di basecamp rombongan bersih diri persiapan sholat maghrib berjamaah. Setelah masuk maghrib, sholat diimami oleh ustad Budi dan diikuti oleh seluruh bunda dan anak panti berikut dilanjutkan dengan makan malam menu sop, tempe dan ayam goreng serta sambal, uh lezaat dan saat makan pun kita outdoor sambil menikmati iringan bumi berganti gelap tampak lampu-lampu kota dan jalanan yang indah dari kejauhan dibawah bukit.

Setelah makan malam, acara dilanjutkan dengan Pra RAKER yang diawali dengan amanat dari Ketua YPIS Bapak Haryanto kepada kepala sekolah dan guru, dan dilanjutkan oleh Bunda Halimah dengan membentuk komisi-komisi yang bertugas pada perannya untuk merancang program ekskul, PHBI/PHBN, Outbound dan Outdoor, Kurikulum dan lainya. Setelah dibagi tugas tim berdiskusi dan sharing hingga tak sadar ketika diakhiri waktu sudah menunjukkan pukul 23.00 WIB dan waktunya untuk istirahat tidur.

20160326_063921Hari Ke II, sabtu, 26 Maret 2016, peserta RAKER sholat shubuh berjamaah dan dilanjutkan dengan olah raga pagi senam pinguin dan PAUD Ceria, setelah senam dan berlari pagi dilapangan tenis, peserta menikmati makan pagi menu nasi atau lontong pecel pedes dan peyek renyah lauk telur mata sapi serta tempe. Uhh untuk kesekian kalinya kita menikmati makan dengan pemandangan yang segar hijau dan uhhh tak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Selanjutnya rombongan bersiap ke Air Terjun Putuk Truno yang dekat dengan vila dan dikenal dengan air terjun yang selalu ada pelangi tujuh warna, untuk masuk harus membayar sekitar Rp. 10.000,-.

Airterjun1airterjun2Rombongan pun berangkat dengan berjalan kaki ke lokasi yang tidak jauh, disana para bunda banyak berselfi ria kembali, dan hanya bunda diah yang mengabadikan, semua bunda asyik bermain dan mandi dibawah air terjun karena memang tidak boleh (dilarang) berada dibawah air terjun langsung. Tampak Baltha, Ghazan, Zeron, Nana, Galang, Iin dan Aal serta anak panti senang menikmati rekreasi ini. Rombongan pulang sekitar jelang dhuhur.

Sebelum sholat jamaah yang diadzani oleh ananda Baltha, dimulai, kita kedatangan tamu Ustad Luthfi, Waki Sekretaris PDM Kota Surabaya yang diantar oleh Pak Udin beserta istri dan anak-anaknya, setelah menutup Muscab Muhammadiyah Kec Bubutan di Hotel Newstart. Dan kita semua sholat berjamaah. Selanjutnya jadwal makan siang, menu Soto Daging, sambal dan krupuk udang. Uhm.. lezatos.

SAM_1430Setelah makan siang, RAKER dilanjutkan, dipimpin bunda Halimah, dan tinggal memfixan laporan tiap komisi, setelah paparan masing-masing komisi diakhir ustad Achung menegaskan bahwa komitmen penerapan metode BCCT di KB-RA Insan Taqwa, tahun 2016-2017 akan menjadi nilai plus pelayanan pendidikan disekolah ini. Ustad Achung yakin bahwa tahun akan datang akan semakin meningkatkan animo dan kepercayaan masyarakat untuk mendaftar/inden disekolah ini dengan catatan ini harus dikelola dengan baik dan menuntut para bunda lebih semangat dan mau capek dengan administrasi pelaporan pengembangan siswanya.

Acara ditutup oleh kepala sekolah, seraya menyampaikan ucapan terima kasih kepada bu Har selaku tuan rumah dan pengurus YPIS atas semua fasilitasnya mudah-mudah ini ALLAH SWT terus melimpahkan rejeki beliau dan kita bisa terus RAKER seperti ini, seloroh ustad Achung, yang sambil berpamitan untuk pulang dulu karena tidak ikut rombongan melainkan dengan naik motor sendiri.

GALLERY PHOTO :

 

Leave a comment