Manasik Haji RA InstaqAgenda Tahunan Ikatan Guru Raudlatul Athfal (IGRA) kota Surabaya, menggelar Manasik Haji Cilik 2015 yang diadakan pada hari Selasa, 6 Oktober 2015, di Masjid Agung Al Akbar Surabaya, diikuti oleh ratusan siswa RA se kota Surabaya, salah satunya RA Insan Taqwa Simorejo yang mengutus seluruh siswa TK B untuk mengikuti manasik dengan kostum ihrom yang dikenakan sejak dari rumah.

Seluruh siswa dihimbau agar jam 05.00 WIB sudah standby di sekolah, dan rombongan akan diantar dengan 5 armada bemo beserta para orang tua mereka, namun sebagian besar banyak orang tua yang membawa mobil atau naik sepeda motor sendiri menuju ke lokasi. Dan sekitar 05.45 WIB tepat, rombongan langsung bergerak menuju lokasi Masjid Agung dan tiba sekitar pukul 06.15 WIB.

20151006_06280720151006_06395120151006_084021Photo1230Jamaah haji cilik RA Insan Taqwa terdiri dari 4 Kelompok, 2 Kelompok Cantik dan 2 Kelompok Ganteng, terdiri dari 11 Siswi, Ananda Izza, Amel, Ais, Davina, Tata, Zaski, Talita, Amira, Rahmi, Tata dan Syafa, dengan pendamping Bunda Jia dan Fia mendapat nomor urut 75. Dan yang kelompok satunya ada Ananda Iin, Zizi, Abel, Nailis, Syafina, Tasya, Salwa, Franda, Najwa, Sherlin, Veve yang didampingi oleh Bunda Ulfa dan Bunda Nia dengan nomor urut 79.

Untuk kelompok Ganteng terdiri dari ananda Nafis, Akbar, Rafa, Evan, Wira, Irsya, Reza, Dimas, Zidan, Raka, dan Relly, dan yg tdk ikut Rizky dan Iqbal, yang didampingi oleh Bunda Dian dan Bunda Ros dengan nomor urut 76, sedangkan yang satunya ada ananda Darvis, Ichiro, Rafa, Rifki, Hamzah, Imam. Ghazan, Rendra, Tio, Izzam, yang gak ikut Daffi, Ruman dan Jibril dengan didamping oleh Bunda Lia dan Diah dengan nomor urut 57.

Sedangkan untuk pembagian tugas bunda di kegiatan ini ada, Bunda Halimah, Putri dan Bunda Nita terlibat dikepanitiaan IGRA dan Bunda Silvi bertugas mobile, berkeliling melayani bunda, siswa dan orang tua. Dan tak lama sekitar pukul 08.00 acara dimulai dengan sholat berjamaah dan mendengarkan tausiyah dari panitia pelaksana dan langsung ritual haji dilaksanakan setelah menunggu antrian rombongan jamaah RA yang lainnya, rombongan RA Insan Taqwa, mulai pergi menuju ke arofah, melempar jumroh, di ula wusto aqobah, mencari kerikil (jagung) terus dilempar masing-masing 3 lemparan dan kemudian jamaah menuju Masjidil Haram, dengan berdoa masuk masjid dan melihat kabah dengan membaca takbir, selanjutnya mengelilingi selama 3 kali sambil berhenti ditiap sudut, dan membaca takbir dan tasbih, lalu berdoa menuju ke makam Ibrahim membaca doa belajar. Ritual berikutnya menuju hijir ismail, berupa sekatan, anak-anakpun membaca doa anak sholeh sambil menuju ke zam-zam dengan membaca talbiyah, dan doa minum air zam-zam. Kemudian terakhir para siswa melakukan Sa’i atau lari-lari kecil sebanyak 3 kali dari shofa ke marwah, laki-laki melakukan lari-lari kecil sedangkan perempuan jalan. setelahnya ditutup dengan tahallul, atau memotong rambut, semua rombongan RA Insan Taqwa melakukan ritual haji dengan baik anak-anak tampak bersemangat walau wajah mereka tampak lelah mengikuti panjangnya kegiatan hari itu.

Demikian sekelumit, ritual Ibadah Haji yang dilakukan oleh siswa TK B RA Insan Taqwa di Masjid Agung, semuanya merasa senang dan bersyukur melaksanakan tahapan haji beserma ribuan anak yang hadir memadati areal masjid Al Akbar. Dan selanjutnya robongan turun setelah tahalul, lalu diberi bingkisan oleh panitia berupa kue, susu botol dan roti sobek serta dari sekolah mendapat 1 kotak makan siang dan aqua botol. Kemudia rehat sebentar njajan dengan orang tua masing-masing, ada yang berfoto, adapula yang membeli mainan. Terus menuju bemo untuk perjalanan pulang. Banyak anak mengantuk sampai tertidur karena kelelahan, namun setiba disekolah mereka senang dan gembira main mainan yang dibelinya dari Bazar manasik.

GALLERY PHOTO :

Leave a comment