01 Outdoor TVRI JatimMengulas kembali tema Alat Komunikasi Modern, RA Insan Taqwa, melakukan kegiatan belajar diluar sekolah atau Outdoor, berupa kunjungan di stasiun TV Republik Indonesia (TVRI) pada selasa, 24 Maret 2015, bertempat di Jl. Mayjend Sungkono Surabaya. Kegiatan ini bertujuan agar anak mengerti tentang dunia pertelevisian sekaligus memahami detail alat-alat komunikasi yang digunakan.

04 Tiba di Joglo TVRI06 Kak Ayu dan Kak KrisAyu dan Kris13 Asik Muhartono menjelaskan siswa TKKegiatan dimulai sekitar pukul 08.30 WIB setelah meluncur dari sekolah sekitar pukul 08.00 WIB. Dan langsung berkumpul di Joglo TVRI Jawa Timur. Sebelumnya Ustad Achung berangkat terlebih dahulu ke TVRI menemui Bapak Nur Yasin, divisi SDM, untuk bertanya-tanya sedikit seputar TVRI Jatim dan persiapan kedatangan peserta yang tidak lama lagi.

Setelah peserta hadir, dan diajak bernyanyi oleh para bunda, sesaat kemudian tim humas TVRI hadir, dan menyapa anak-anak, mereka adalah Bapak Kris Effendi Bagian bidang teknik dan Kak Ayu bagian umum. Beliau menyapa anak-anak dan berkenalan terlebih dahulu dan tidak lama setelah diberi sedikit penjelasan, rombongan siswa TK A dan TK B RA Insan Taqwa diajak masuk di Studio 1.

Distudio 1 tampak beberapa pagung dan dekorasi sofa untuk acara bincang-bincang, dan banyak kabel listrik dan selambu besar atau disebut Siklorama. Disini siswa ditemui oleh Bapak Asik Muhartono dan yang tidak lain produser utama acara campur sari TVRI Jatim. Anak-anak dijelaskan bahwa ruang ini sering dipakai untuk kegiatan acara dialog khusus oleh presenter atau host dengan para narasumber. Anak-anak sempat tanya, kok panas?? Ya.. memang ini ac masih dimatikan, kalo udah acara pasti dinyalakan dan jadi dingin, jawab pak asik, salah satu anak nyeletuk lagi, dimana panggung untuk ngedance? Dijawab pak asik TVRI belum ada acara ngedance nak .. . terus ini alat apa, Dita menunjukkan dikamera yang tinggi sekali. Dikatakan oleh Pak Asik, ini adalah, kamera jimmy jip untuk mengambil gambar secara luas dari atas.

14 Masuk Studio 2Selanjutnya siswa diajak keliling ke studio 2 yang lebih besar lagi, berdasarkan penjelasan pak Asik ini ruangan yang paling besar biasa dipakai acara Assalam, berupa acara pengajian yang diasuh oleh Ustad Aziz dan dihadirkan pula ratusan ibu-ibu majelis taklim yang sudah dipersiapkan tempat duduknya. Tampak para pekerja panggung sedang mendekor property untuk acara pengajian live nanti sore. Studio ini juga biasa dipakai untuk acara anak-anak program Ananda berupa nyanyi dan dongeng tiap hari senin di TVRI Jatim sore hari, imbuh pak Asik.

SAM_0785SAM_0795Dan terakhir anak-anak masuk di studio 3, tempat dimana para news presenter menyiarkan berita dengan meja oval dan didinding banyak terpapar green screen lebar yang berfungsi untuk menampilkan background berita dan si penyiar tidak boleh berbaju hijau karena akan hilang jika di edit layarnya. Tampak Hafidz siswa tk B ikut duduk dimeja siaran bersama pak Asik. Anak-anak penasaran dengan media mesin yang seperti layar computer, dan ditanyakan ternyata ini adalah tele prompter, ungkap pak Asik, yaitu sebuah alat untuk penyiar membaca teks saat live yang dikontrol oleh petugas di ruang control, sehingga seolah penyiar hafal dalam berbicara padahal mata penyiar sedang membaca.

Acara diakhiri dengan melihat control room di studio 3 dan selanjutnya berpamitan dan berfoto-foto bersama.

GALLERY PHOTO :

Leave a comment