21 Melempar JumrahPergelaran Manasik Haji Cilik 2014 oleh IGRA Kota Surabaya yang masih diadakan di Masjid Agung Surabaya (Masjid Nasional Al Akbar) pada hari Selasa, 28 Oktober 2014, terselenggara dengan semarak, diikuti oleh ratusan siswa dari puluhan sekolah, salah satunya dari RA Insan Taqwa, Simorejo Surabaya, yang mengirimkan sekitar 44 siswanya dari TK B, yang terdiri dari 24 cowok dan 20 cewek. Mereka semua dibagi menjadi 4 rombongan. Dua rombongan terdiri dari siswa putra dan dua rombongan lagi terdiri dari siswa putri. Untuk siswa putri sekitar 20 anak, dengan ciri baju gamis putih dengan renda kerudung warna hitam, sambil membawa tas biru, sedangkan yang putra, sekitar 40 anak, dengan ihrom putih biasa, sambil membawa tas biru juga. Tiap rombongan haji cilik didampingi 2 bunda.

02 Jamaah Haji Bunda Dini01 Jamaah Haji Bunda UlfaRombongan berangkat agak awal, sekitar pukul 05.15 WIB dengan mengendarai 7 armada Angkot, 3 angkot untuk wali murid dan 4 angkot untuk siswa. Angkot I diisi 12 jamaah putra yang terdiri dari Fiul, Furhan, Arya, Fari, Sando, Iqbal, baim, Fahmi, Hafid, Irul, Putra dan Oni, dengan pendamping Bunda Dini dan Bunda Ros. Sedangkan Angkot II, diisi 12 jamaah putra, diantaranya ada Syakief, Deva, Dafi, Gibran, Baim L, Cholis, Ale, Saka, Jibril, Azis, Alfin dan Raka, yang didampingi Bunda Jia dan Fitri. Untuk Angkot III, terdiri dari 9 jamaah putri, diisi oleh Lili, Salva, Aqila, Fio, Nadine, Sela, Rahma, Farah dan Reva yang didampingi Bunda Ulfa dan Nita, dan Angkot IV diisi 11 jamaah putri, diantaranya ada Vina, Zahira, Diva, Nisa, Dira, Aca, Nadya, Puput, Shasa, Lala dan Frisca.

08 Jamaah cewek 1 menungguEmpat angkot meluncur seiring 3 angkot lagi dari wali murid pengantar. Dan rombongan RA. Insan Taqwa hadir sekitar pukul 06.15 sambil menunggu persiapan panitia. Dan ketika pemberian nomor urut dada, Rombongan Haji Bunda Dian dan Putri datang lebih dulu dan mendapat nomor urut 6, kemudian Rombongan Bunda Jia dan Fitri mendapat no urut 15 lalu rombongan Bunda Dini dan Ros dapat no urut 19. Rombongan terakhir Bunda Ulfa dan Nita, mendapat no urut 25. Kemudian para guru pendamping mengumpulkan anak-anak di Miqod, dan disini cukup melelahkan, karena harus menunggu berjam-jam untuk registrasi semua sekolah peserta manasik dibawah naungan IGRA kota Surabaya, dan Insya Allah dimulai pukul 07.30 WIB secara serempak.

19 Mengambil 9 batuSebelum prosesi haji dilakukan, ratusan jamaah yang memadati pelataran Masjid Al Akbar saat itu mendengarkan sambutan-sambutan dari panitia IGRA dan setelahnya dikomando untuk mendengar adzan, Iqomat dan sholat 2 rokaat dilanjutkan dengan mendengar ceramah ibadah haji dari petugas Panitia saat itu. Lalu rombongan dengan nomor urut 1-30 mulai bergerak dan seterusnya menuju ke pelataran untuk mengambil 9 batu kerikil (jagung), dilanjutkan ke arofah untuk melempar jumroh ula, jumrah wusto dan jumrah aqobah, di 3 tempat tersebut tiap anak melempar 3 batu.

Manasik Haji Cilik 201434 Lari-Lari KecilSetelah melakukan ritual jumroh, jamaah menuju Masjidil Haram, dengan berdoa masuk masjid dan melihat kabah dengan membaca talbiyah, selanjutnya mengelilingi selama 3 kali sambil berhenti ditiap sudut, dan membaca takbir dan tasbih, lalu berdoa menuju ke makam Ibrahim membaca doa belajar. Ritual berikutnya menuju hijir ismail, berupa sekatan, anak-anakpun membaca doa anak sholeh sambil menuju ke zam-zam dengan membaca talbiyah, dan doa minum air zam-zam. Kemudian terakhir para siswa melakukan Sa’i atau lari-lari kecil sebanyak 3 kali dari shofa ke marwah, laki-laki melakukan lari-lari kecil sedangkan perempuan jalan. setelahnya ditutup dengan tahallul, atau memotong rambut.

26 BerdoaTampak seluruh bunda pendamping bekerja keras mendampingi siswa rombongannya, memandu keliling berdoa, dan terus berjalan berputar-putar melakukan ritual singkat bak haji beneran. Tampak Bunda Ulfa, Dini, Jia dan Bunda Putri bersemangat mengatur anak-anak yang pada saat prosesi sangat padat dipenuhi oleh rombongan haji dari sekolah lain yang saling berjalan bersilangan dan bergantian bak di Mekkah beneran.

Demikian sekelumit, prosesi belajar ritual Ibadah Haji yang dilakukan oleh anak-anak saat itu, Dan tampak para orang tua menunggui anaknya diluar masjid cuma menonton, ada juga yang menunggu sambil makan dan minum di bazaar yang diadakan panitia pada saat itu. (@)

GALLERY PHOTO :

Leave a comment