Outdoor di Kebun Binatang SbyOutdoor Learning Program siswa KB dan RA Insan Taqwa, pada hari Rabu, 23 Januari 2013, berupa kunjungan belajar di Kebun Binatang Surabaya, diikuti oleh sekitar 50 siswa dan guru pendamping serta beberapa orang tua. Pada kegiatan kali ini, seluruh peserta outdoor melakukan aktifitas belajar berupa, pengamatan terhadap beragam satwa jinak dan buas. Kegiatan yang dipandu langsung oleh petugas guide dari TIM KBS, memberikan kesempatan kepada siswa menjadi tahu nama hewan, berasal darimana, jenis makanannya dan habitatnya. Metode belajar dengan enjoyfull learning seperti ini sudah menjadi metode belajar yang dipakai disekolah yang berada dinaungan Yayasan Pembangunan Islam Masjid At Taqwa.

03-Masuk LokasiPagi itu sekitar pukul 07.00 WIB di sekolah sudah berkumpul siswa dan orang tua yang sudah bersiap untuk berangkat menemani putra atau putrinya berkegiatan di luar sekolah, yaitu di Kebun Binatang Surabaya. Pihak sekolah sudah memesan 6 armada angkot yang siap mengantar mereka menuju lokasi pembelajaran. Dan sekitar pukul 08.00 WIB, rombongan meluncur dari sekolah dan tiba di KBS sekitar pukul 08.30 WIB. Setelah beberapa lama menunggu antrian pemesanan tiket gelang, akhirnya seluruh siswa sudah masuk dengan mengenakan tiket gelang warna biru.

08-Mendengar penjesanSesampai didalam lokasi, Kepala Sekolah berkoordinasi dengan petugas pemandu, Bapak Sutrisno dan Bapak Supriyanto. Peserta disambut hangat oleh Bapak Supri dan kemudian  anak-anak diinstruksikan agar tertib dan tidak berlarian, lalu dibagi menjadi 2 kelompok belajar yang terdiri dari Kelompok I dari siswa PG dan TK A dipandu oleh Bapak Suprianto, dan kelompok 2 dari TK B, dipandu oleh Bapak Sutrisno.

10-Memberi makan onta12-Siswa PG beri makan ontaAnak-anak pun segera beraksi berkeliling, mulai melihat Merak, Buruk Pelatuk, Kura-Kura, Ikan laut dan ikan air tawar di Aquarium, Ular, Buaya, Beruang Madu, Macan, dan lain-lain. Pak Supri dan Pak Trisno, aktif terus menjelaskan dan ngomong di Megaphone menjelaskan info binatang kepada anak-anak. Dan yang special saat anak-anak berada di kandang onta, semua siswa diberi kesempatan untuk memberi makan onta dengan wortel yang sudah disiapkan dalam satu paket program pesanan. Tampak siswa PG sangat berani mengulurkan tangannya memberi makan onta tanpa rasa takut, dan masih banyak anak yang tidak berani melihat juluran lidah dan leher onta yang keluar dari kandang. Tapi selang beberapa waktu, setelah para bunda dan ibu beberapa siswa memotivasi dan membujuk mereka, akhirnya salah satu siswa ada yang mau dan memberanikan diri mengulurkan wortel di mulut onta, yang berungkali mencoba, selalu wortelnya jatuh dan diambil lagi, akhirnya berhasil. Tampak raut muka bangga dan sambil berucap, “bunda, aku berani ya bun?”, “ya, kamu hebat, ya gitu, harus berani, ok!”, demikian sekilas jawaban bunda Jiah yang telaten memotivasi Baltha, siswa TK A yang sukses melalui proses masa takut menjadi berani.

23-Pertunjukkan Animal ShowKemudian rombongan bergeser di kandang kuda, gajah, jerapah dan makowa, dan terakhir menuju ke tempat pertunjukkan Animal Show. Acara puncak ada disini, tempat duduk harus terpenuhi semua. Kebetulan KB-RA Insan Taqwa berbarengan kegiatan outdoor dengan beberapa sekolah lain diantaranya KB-RA Al Ushwah, SD Gresik Kota Baru (GKB). Sambil menunggu beberapa siswa sekolah berkumpul, acara animal show dimulai. Dengan tampila Alberto, burung paruh panjang yang pintar menata huruf Selamat Datang, berjalan diatas mini drum, dan mampu berjoget menggelengkan kepala. Disusul penampilan Beruang Madu, yang mampu menangkap Bola dan gelang, serta bermain gitar. Dan seterusnya penampilan simpase yang mampu menaiki sepeda dan bermain atraksi lainnya.

Makan SiangSetelah menyaksikan animal show, rombongan keluar dan rehat sejenak di areal pintu keluar, dengan menggelar tikar, seluruh siswa didampingi ibunya, menikmati snack dan makan siang nasi kuning ayam perkedel, dan jajanan krispi serta minuman botol. Sekitar pukul 12.00, seluruh siswa pulang dan banyak siswa yang langsung pulang dengan orang tuanya tanpa mengendarai armada yang sudah dipesan.

 GALLERY PHOTO :

Leave a comment