Manasik Haji CilikPergelaran Manasik Haji Cilik oleh IGRA Kota Surabaya di Masjid Agung Surabaya (Masjid Al Akbar) pada hari Rabu, 5 Desember 2012 terselenggara dengan semarak, diikuti oleh ratusan siswa dari puluhan sekolah, salah satunya dari KB-RA Insan Taqwa Simorejo Surabaya, yang mengirimkan 30 siswanya dari TK B, dengan didampingi oleh 8 Bunda (guru) pendamping. Untuk siswa putri, sekitar 17 anak, dengan ciri bawah busana Ihrom ada corak merah muda, sedangkan kelompok putra, sekitar 13 anak, dengan ciri berkalung keplek dan tas haji, Mereka semua dibagi menjadi 3 kelompok yang terdiri dari 10 anak ditiap kelompoknya.

20121205_064821Rombongan berangkat agak awal, sekitar pukul 05.00 WIB dengan mengendarai 3 armada bemo, 2 bemo diisi anak-anak dan guru sedangkan 1 bemo lagi diisi wali murid, ditambahkan lagi 1 armada mobil pribadi dari orang tua Farrel. Rombongan berangkat tidak bersamaan, Kelompok 2 yang didampingi Bunda Dini dan Eny berangkat terlebih dulu, kemudian  melakukan registrasi terlebih dahulu dan mendapat no peserta 7, sedangkan 2 rombongan yang lain tiba sekitar pukul 08.00 WIB, setelah melakukan registrasi, kelompok 3 dengan pendamping Bunda Niha dan Puput mendapat nomer peserta 48, dan kelompok 1 yang didampingi Bunda Jiah dan Dian mendapat nomer peserta 60. Lalu masing-masing kelompok terpencar menuju Miqod, dan disini cukup melelahkan, karena harus menunggu lama kelompok lain yang sedang registrasi. Dengan jumlah ribuan siswa dari ratusan sekolah. Kemudian rombongan jamaah haji cilik Insan Taqwa, pergi menuju ke arofah, melempar jumroh, di ula wusto aqobah, mencari kerikil (jagung) terus dilempar masing-masing 3 lemparan.

20121205_090130Setelah melakukan ritual jumroh, jamaah menuju Masjidil Haram, dengan berdoa masuk masjid dan melihat kabah dengan membaca takbir, selanjutnya mengelilingi selama 3 kali sambil berhenti ditiap sudut, dan membaca takbir dan tasbih, lalu berdoa menuju ke makam Ibrahim membaca doa belajar. Ritual berikutnya menuju hijir ismail, berupa sekatan, anak-anakpun membaca doa anak sholeh sambil menuju ke zam-zam dengan membaca talbiyah, dan doa minum air zam-zam. Kemudian terakhir para siswa melakukan Sa’i atau lari-lari kecil sebanyak 3 kali dari shofa ke marwah, laki-laki melakukan lari-lari kecil sedangkan perempuan jalan. setelahnya ditutup dengan tahallul, atau memotong rambut,

Demikian sekelumit, ritual Ibadah Haji yang dilakukan oleh anak-anak saat itu, dan banyak kisah lucu dan hebat, sepanjang prosesi melakukan ritual haji, seperti di kelompok laki-laki, ada Ananda Abin dan Farrel yang lelah cakar-cakaran, terus minta makan, karena belum sarapan. Sedangkan Sahab, ketika berjalan, di sepanjang jalan membaca talbiyah, kemudian diberi mic oleh panitia, Sahab dengan lantang membaca talbiyahnya. Dan tampak para orang tua menunggui anaknya diluar masid cuma menonton, ada juga yang menunggu sambil gelar tikar membawa bekal rujak, urap-urap dan snack.

Rencana panitia, dalam ajang Manasik Haji Ciliki kali ini, tidak dilombakan, akan tetapi akan diapresiasi dengan diberi piagam untuk 40 sekolah, sebagai rombongan terbaik, dari Surabaya dan akan dipilih yang terbaik pula dari luar surabaya sebanyak 10 rombongan. Tapi selesai acara anak-anak mengambil souvenir produk Antimo berupa gelas dan minyak. Kemudian dibagikan kepada peserta nasi fried chicken untuk makan siang mereka, dan sekitar pukul 11 rombongan kembali pulang.

 GALLERY PHOTO :

Leave a comment