Bunda Ros dan Nita di Workshop HIMPAUDIDua guru Pendidik Anak Usia Dini (PAUD) KB-RA Insan Taqwa Simorejo, Bunda Nita dan Bunda Ros, dikirim mengikuti Workshop HIMPAUDI selama 2 minggu, mulai tanggal 19 – 30 November 2012, bertempat di Kantor BPPAUDNI Regional II di Jl Gebang Putih No.10, Surabaya. Acara yang diselenggarakan oleh BPPAUDNI Regional II, bertajuk Pendidikan dan Pelatihan Konversi Pendidik PAUD, yang bekerjasama dengan Universitas Jember dan Universitas Muhammadiyah Surabaya, bertujuan agar guru PAUD yang lulusan SMA, jika ingin melanjutkan pendidikan S1 Guru TK, disini sudah mendapatkan 10 SKS. Akan tetapi peserta workshop yang berjumlah sekitar 80 orang yang kebanyakan dari Jember, Surabaya dan Sidoarjo, rata-rata sudah lulusan S1. Penyediaan sarana prasarana, konsumsi dan akomodasi peserta sudah ditanggung oleh BPPAUDNI Reg.II, peserta tinggal mengikuti materi yang disajikan oleh banyak narasumber dari kalangan praktisi pendidikan, pakar psikologi anak dan dosen dari UNEJ, UNMUH dan UNAIR.

Dihari pertama, diisi oleh ceremony sambutan-sambutan ketua penyelenggara, Bapak Drs. Agus Syamsudin, M.Si. dan dilanjutkan dengan pembacaan tata tertib dan jadwal materi yang diatur mulai jam 09.00 Pagi sampai selesai sekitar pukul 17.00 adapula yang selesai pukul 21.00 WIB. Hal ini karena peserta difasilitasi penginapan, hingga peserta yang dari luar Surabaya langsung tidur di asrama, yang peserta dari Surabaya, sebagian besar pulang bolak-balik.

20-Game InteraktifMateri yang diberikan oleh para narasumber sangat beragam penyajiannya, ada yang dengan ceramah, game, Role play atau learning by doing. Diantara materi yang diberikan adalah, Kebijakan BPPAUDNI Regional 2, Konsep Dasar PAUD, Dasar Perkembangan Anak, Profesi Keguruan, Metode Pengelolaan Pembelajaran di PAUD, Strategi pembelajaran, Membuat RKH dan RKM, Simulasi pembelajaran dll.

Selama workshop berlangsung selama 2 minggu, dua bunda Insan Taqwa turut dengan sungguh-sungguh dan fokus mengikuti semua materi yang diberikan, mulai yang ceramah, game dan seterusnya, mereka tampak antusias dan aktif, terutama Bunda Ernita, yang pada akhir Workshop diumumkan oleh panitia bahwa, Peserta Terbaik Workshop kali ini adalah Ernita Sari, beliaupun mendapat salaman hangat dari para peserta lain, yang sudah dianggap seperti teman dan saudara, saking lamanya mereka berinteraksi selama 2 minggu.

GALLERY PHOTO :

Leave a comment