Penyelenggaraan Wisuda IV dan Pentas Seni Siswa KB – RA Islam Insan Taqwa Simorejo Surabaya, pada hari sabtu, 16 Juni 2012, di Hall Lt 2 Rumah Makan Taman Sari Jl. Taman Apsari berjalan dengan khidmad, meriah, penuh keharuan dan keceriaan. Acara yang dihadiri oleh ratusan orang terdiri dari para tamu undangan, orang tua dan anak (siswa), serta para guru dan pengurus Yayasan Pembangunan Islam Simorejo, dengan mengenakan pakaian rapi dan formil, duduk memadati ruang yang luas memanjang tersebut. Tampak Hadir Bapak H. Hariyanto, Ketua Yayasan Pembangunan Islam Simorejo yang menaungi KB-RA Insan Taqwa, dan Bapak Syafi’I M.Pd.I, selaku Pengawas RA dan MI se Surabaya.

Sekitar pukul 08.30 WIB. Master Ceremony (MC), Bunda Jiah dan Ananda Hima membuka acara dengan bacaan Basmalah dan dilanjutkan dengan Pembacaan Ayat Suci Al Qur’an yang dibawakan oleh Ananda Okta dan Akil dari TK B yang membacakan Q.S. Al Isro’ ayat 23-24. Menyusul kemudian, Sambutan Pembuka oleh Bunda Ita (komite sekolah), selaku ketua panitia, yang mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh dermawan dan para sponsor yang telah membantu terselenggaranya acara ini, serta ucapan terima kasih khusus kepada kepala sekolah dan para Bunda (Guru), serta permohonan maaf apabila ada kurangnya pada acara wisuda tahun ini.

Dilanjutkan dengan Sambutan dari Bunda Halimah, selaku Kepala Sekolah, yang mengucapkan terima kasih atas kepercayaan walimurid terhadap KB-RA Insan Taqwa, serta menyatakan komitmennya dalam peningkatan mutu sekolah dan SDM gurunya melalui pengembanganan sarana prasarana, fasilitas belajar dan bermain untuk anak serta pelatihan untuk guru. Dan tak kalah penting adalah Pelayanan yang ekselen terhadap murid dan wali murid.

Setelah sambutan, kecerian dimulai dengan tampilan tari dari 5 siswa TK B dengan balutan kostum artistic dengan rok tebal dan jilbab ala dewi huges serta aksesoris pita bunga warna biru, membawakan Tari Islami 25 Nabi yang dipopulerkan oleh Dea Ananda. Dan kebanggaan terasakan ketika menyaksikan Tampilan siswa dari TK A yang mampu hadidz quran surat Al Waqiah 1-20 dan Qs. Ar Rahman 1-10.

Setelah tari dan Tahfidz Qur’an, acara dilanjutkan kembali dengan sambutan oleh Bapak H. Hariyanto, Ketua YPIS KB-RA Insan Taqwa, yang menyampaikan ucapan terima kasih dan menunjukkan kebanggaannya terhadap Kepala Sekolah dan Para Bunda (guru) yang telah menghantar anak-anak dari jenjang KB ke TK sampai lulus, memasuki jenjang SD. Lebih jauh beliau menekankan bahwa kedepan KB-RA Insan Taqwa akan ditingkatkan profesionalitasnya dalam supervisi, pelayanan terhadap customernya (walimurid) serta pelayanan psikologi untuk anak.

Disusul kemudian dengan sambutan oleh Pengawas RA dan MI se Surabaya, Bapak H.M. Syafi’I, M.Pd.I. yang menyampaikan pujiannya kepada KB-RA Insan Taqwa, yang cepat maju perkembangannya. Hal ini berkaitan dengan performance sekolah serta dukungan fasilitas, sarana dan prasarana bermain dan belajar anak. Beliaupun banyak mengajak dan menghimbau kepada orang tua dan guru agar sekolah-sekolah berbasis agama lebih diutamakan untuk dipilih, sebagai sekolah pilihan anak. Sekolah juga  diharapkan aktif dalam melakukan inovasi dan terobosan baru dalam hal kreatifitas, seni dan teknik mengajar dengan media yang lebih atraktif.

Dan tibalah saatnya para Bunda untuk unjuk kebolehan dengan tampil dipanggung membawakan tari ala saman di aceh, akan tetapi ada gangguan teknis, maka diselipi dulu dengan gerak dan lagu oleh 3 siswa KB yang tampil lucu berjoget lagu Kapal Api yang kadang semangat joget lalu diam dan joget lagi.

Baru kemudian tampil bunda dengan iringan lagu Sholatum bisalamim mubin diantaranya ada Bunda Ros, Dini, Nasukha, Maia, Jiah, Eni dan bunda Dian. Para bunda tampil memukau, dengan gerakan rancak dan kompak, mampu menyirep mata hadirin mencermati tarian yang disajikan, dengan iringian dentuman musik yang slow dance berenergi spiritual.

Disesi setelah bunda, tampil bocah-bocah cilik nan cerdas, menampilkan tahfidz al Hadist dan Hafalan lagu asmaul husna. Dan seterusnya pentas seni diisi oleh aneka hiburan dari siswa KB, TK A dan TK B berupa Tari tradisiona Es Lilin, Tari Binatang : Kura-Kura yang lucu dengan kostum mewah hijau berpunggung kura-kura. Ada pula Tari Burung Kutilang dan Sang Kodok.

Para orang tua yang tergabung dalam komite sekolah tak mau kalah juga, setelah memberikan kesan dan pesan ucapan terimakasih atas pendidikan dan pelajaran yang berharga untuk putra-putri mereka selama 2-3 tahun ini, merekapun tampil bareng menyanyikan lagu Kemesraan yang dipopulerkan oleh Iwan Fals.

Ditengah acara, Ustad Achung selaku Konselor pendidikan dan Pengembangan anak dan mutu sekolah, melaunching situs resmi KB-RA Insan Taqwa dengan alamat www.kbrainsantaqwa.wordpress.com dengan tampilan iklan dilayar lebar, dan yang menarik model iklannya Bunda Dini, Guru Maskot KB dan  RA Insan Taqwa. Dijelaskan pula bahwa manfaat keberadaan situs ini adalah sebagai jembatan komunikasi, informasi dan pertukaran data antar sekolah, guru dan orang tua. yang harapannya seluruh warga sekolah KB-RA Insan Taqwa memanfaatkan salah satu layanan berbasis IT dari sekolah.

Acarapun dilanjutkan dengan tampilan jurus silat tapak suci oleh 4 siswa yang lucu dan ditutup dengan pentas parade puisi oleh 6 siswa dengan mengilustrasikan jasa para bunda dengan media wayang berwajah para bunda, serta tampilan di wide screen foto-foto bunda yang sedang mengajar dan bergaya. Suasana haru mulai dirasakan dalam ruangan saat itu, manakala para siswa membacakan bait per bait puisi karya bunda berjudul Bundaku.

Memasuki acara seremoni, sebelumnya dipanggil 6 siswa dari perwakilan kelas menerima penghargaan berupa piala dan piagam, yang dinobatkan sebagai Murid Paling Teladan, diantaranya diberikan kepada Ananda Shaila Rubra Hawa dan Ilzanur Hidayat dari KB dan Sekar Ayu Zaskia dan Jelita Ayu Fentris dari TK A kemudian Muflika Himawati dan Oktafianti R. Wibowo perwakilan dari TK B. Penghargaanpun diberikan oleh Ketua YPIS KB-RA Insan Taqwa, Bapak H. Hariyanto. Setelah ditutup doa oleh Bapak Budi, salah satu pengurus Yayasan Bidang Pendidikan dan Litbang, acara dilanjutkan dengan acara inti, prosesei wisuda siswa angkatan 2011-2012.

Dengan mengenakan kostum toga hitam-hitam, para siswa semua tampak seperti acara wisuda sarjana di kampus-kampus. Acara dipandu oleh Bunda Jiah dengan memanggil satu persatu anak untuk memperoleh kalung penghargaan, ijazah dan piagam yang diberikan langsung oleh kepala sekolah dan ketua yayasan dibantu oleh satu orang guru. Sambil dipanggil, foto siswa yang bersangkutan di slide di wide screen dan setelah menerima ijazah mereka berdiri diatas panggung. Setelah selesai semua dipanggil, lalu secara bersama bernanyi lagu Terima Kasihku dan Baktimu Pengabdi. Sambil kemudian mereka turun menyalami para guru, tak ayal air mata para bunda menetes mengingat dan mengenang masa-masa belajar mereka yang lucu, nakal, dan menggemaskan. Sekarang mereka telah tumbuh menjadi sosok anak yang mulai besar dan mandiri. Suasana menjadi haru dan energy tangis mampu menggetarkan para tamu undangan yang hadir terkhusus para Ibu yang putra atau putrinya diwisuda hari ini.

Para orang tuapun menyusul dibarisan belakang peserta wisudawan dan wisudawati dan turut bersalaman dan berpelukan seraya mengucapkan terima kasih dan permohonan maaaf apabila pernah ada salah yang disengaja atau tidak disengaja. Begitupula para bunda, menghaturkan salam dan ucapa terima kasih atas kepercayaan mereka dan turut mengucap maaf apabila mungkin pernah mengecewakan orang tua. Lantunan musik instrumentalia salam perpisahan mampu menghipnotis seluruh hadirin, dan hari ini menjadi momen bersejerah yang keempat bagi KB-RA Insan Taqwa. (@)

GALLERY PHOTO :

HOTO :

Leave a comment