Kegiatan Fun Gathering Jelang perpisahan Kelas TK B yang diadakan di Jatim Park 2 Batu Malang, pada  hari Rabu, 25 April 2012, diikuti oleh sekitar 50 Siswa bersama orang tua serta beberapa guru pendamping, dengan mengendarai 2 armada bus.  Agenda rutin tahunan yang dikemas dalam bentuk refreshing program bertujuan untuk menjalin kenangan bersama antar siswa dan orang tua sambil bertukar kado kenangan.

Acara berangkat pukul 07.00 WIB dengan berkumpul di gerbang tol Banyu Urip depan pom bensin. Dan hari ini rombongan berangkat dengan mengendarai bis keluaran terbaru tahun 2011. Setelah masuk kedalam bis, tampak bersih, luas dan nyaman. Dan armada ini dipesan khusus oleh Kepala Sekolah, dengan tujuan memberikan kenyamanan kepada seluruh peserta Fun Gathering, ungkap Bunda Halima.

Sebelum berangkat, tim guru melakukan seremoni do’a bersama dan berdoa lagi di masing-masing bis dipandu oleh Ustad Achung, dan memohon kepada Allah mudah-mudahan acara kali ini berjalan dengan lancar. Bis pun segera meluncur menuju Batu Malang dan sekitar 3.5 Jam, telah tiba dan langsung berkoordinasi dengan Pengurus Travelling, yang kali ini dihandle mereka semua mulai dari snack pagi, ticket (gelang) masuk, makan siang dan biaya bis (All In).

Sebelum masuk lokasi Museum atau Secret Zoo, seluruh siswa dan orang tua bermain bersama dulu dipandu oleh Ustad Achung. Dalam bermain, Ustad Achung dibantu oleh Bunda untuk mengkondisikan anak-anak. Sayangnya hari itu agak panas, karena memang kita bermain dipelataran museum yang tanpa atap, langsung sinar matahari menerangi pelataran bermain.

Game yang dimainkan menggunakan media Hula Hop, dan secara kerjasama seluruh siswa yang terbagi menjadi 4 kelompok, diantaranya kelompok Kelinci, Kupu-Kupu, dan Strawberi, berlomba memindahkan hula hop dari depan ke belakang dengan bergandengan tangan tanpa boleh putus. Kelompok yang menang, dipastikan akan mendapat hadiah dari Sekolah.

Aksi mereka tampak polos dan lucu, ada yang taat aturan, ada yang bingung sehingga harus diulang terus, ada yang gopoh karena Bunda pendamping dan ibu-ibunya ikut menyemangati dan kadang tanpa sadar, ikut-ikutan membantu mindah hula hop. Dan setelah beberapa kali pengulangan permainan, dengan scoring yang dicatat oleh Ustad Achung, ditunjuk salah satu kelompok yang menang dan dilanjutkan tanding ulang bersama orang tua.

Orang tua dan Anak diuji untuk main bersama, ada beberapa ibu yang enggan bermain, tapi karena putra atau putrinya malu karena sebelahnya ada mamanya, akhirnya hampir kompak semua orang tua terlibat permainan. Setelah 2-3 pengulangan permainan, ditentukan pula juara kelompok yang berhak mendapat hadiah dari sekolah.

Dan akhirnya permainan usai, dilanjutkan dengan tukar kado yang dipandu oleh Ustad Achung, anak-anak dikondisikan melingkar besar dan ditengah-tengah mereka ditaruh kado dan setelah dihitung jumlah kado dan peserta sama jumlahnya, dimulai dari anak-anak yang namanya berhuruf depan Z mengambil kado yang bukan miliknya. Dan seterusnya sampai abjad A, dan sampai semua anak mendapat kado. Setelah dirasa sudah menerima, saat itu mereka diminta untuk langsung membuka dan heboh sekali hadiahnya, ada yang mengkado celana dalam, buku, kotak pensil dan lain-lain. Pokoknya seru dech.

Setelah usai tukar kado kemudian seluruh rombongan antri  antri masuk lokasi Jatim Park 2 yang ternyata berjubel karena memang musim liburan. Dipintu masuk ternyata seluruh tas yang berisi makanan berat seperti nasi dan lauk, dilarang masuk, tapi untuk snack diperbolehkan. Peserta dan orang tua serta guru (Bunda) terpencara berkegiatan sendiri-sendiri, ada Bunda yang dengan suaminya, dengan putranya, dan Bunda-Bunda yang berangkat sendiri, berkumpul sendiri untuk sekedar foto bersama.

Aneka satwa langka, liar dan aneh banyak dijumpai, dan beberapa Bunda terkesan dengan koleksi di Jatim Park 2 yang hampir aneh-aneh seperti jenis ular, kodok dan ikan beragam warna dan bentuk. Serta banyak pengetahuan yang disajikan dalam bentuk banner tentang pengetahuan seputar binatang yang ada. Seperti PERLU ANDA TAHU : bahwa ular sebenarnya takut dengan manusia, kecuali jika ular dalam kondisi terjepit (seperti terinjak) baru penyerangannya bersifat reflek. Tapi hanya satu ular yang tidak takut dengan manusia dan cenderung agresif, yaitu Cobra.

Nah pesan-pesan penuh pengetahuan seperti ini yang banyak disenangi oleh pengunjung, sehingga perjalanan seolah lama, karena harus baca-baca juga, belum lagi rute yang harus ditempuh dirancang harus melalui A – Z. Tidak ada yang terlewatkan, yaitu mulai masuk di mini zoo, sepanjang perjalanan melihat binatang dan perkampungan pedalaman afrika, baru dipenghujung perjalanan banyak hiburan bermain seperti kiddy land, Horror House, Tsunami, Jet Coaster dan Kolam Renang. Diakhir perjalanan ini anak-anak banyak menghabiskan permainan yang free karena menggunakan tiket terusan.

Setelah pukul 15.00 seluruh peserta harus berkumpul lagi di bis untuk melanjutkan makan siang, tapi sebelum makan siang, Provider Travel mengantarkan rombongan dipusat oleh-oleh. Disini orang tua dan guru belanja habis-habisan. Barulah setelah belanja meluncur kearah songgoriti untuk makan di rumah makan hotel dengan menu sop ayam goreng krupuk. Makan siang sudah masuk sore dan kita siap meluncur pulang sekitar Maghrib. Setelah maghrib Bis meluncur pulang, tapi pukul 19.30, mampir lagi di Bakpo Telo, belanja lagi hingga pukul 20.00, jadilah tiba di Surabaya pukul 22.00 WIB. (@)

GALLERY PHOTO :

One response »

  1. minhayatul maf'ulah says:

    selalu sabar menghadapi murid yang aktif dan selalu berbahasa sopan kepada semua..

Leave a comment